Upgrade + Jailbreak IPOD 3rd-Gen dengan IOS 4.2.1

Firmware terbaru dari apple yang saat ini sudah bisa di jailbreak adalah 4.2.1. Tiap-tiap produk apple memiliki firmware khusus untuk mengupgrade dari versi sebelumnya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengupgrade dan jailbreak ipod 3rd gen dengan IOS 4.2.1.

Yang harus dipersiapkan adalah :

  • Firmware update terbaru dari apple yaitu 4.2.1.  (download disini)
  • Itunes 10 (terbaru).
  • Koneksi internet + access point
  • Greenpoison RC5 untuk jailbreak (download disini)

Pertama-tama, kita harus upgrade dulu firmware yang digunakan pada ipod. Jika Anda sudah mendownload firmware 4.2.1, upgrade firmware dengan cara, buka itunes. Pilih ipod Anda. Kemudian sambil menekan shift, klik restore. Sesaat setelah itu, Anda akan diminta memasukkan firmware. Pilih firmware yang sudah didownload tadi. Format firmware yang digunakan biasanya diakhiri dengan .ipsw. Misalnya punya saya 3rd gen, maka nama file firmwarenya iPod2_1_4.2.1_8C148_Restore.ipsw. Pilih file tersebut, kemudian ok aja. Proses upgrade akan berjalan secara otomatis. Jika sudah selesai maka ipod dalam keadaan nyala dan sudah terupgrade dengan firmware 4.2.1. Bisa dilihat di itunes atau di setting>general pada ipod.

Langkah kedua adalah jailbreak. Jailbreak ini berguna untuk mengoprek ipod Anda tanpa batas. Jika sudah di jailbreak, maka Anda bisa melakukan sesuka hati dengan ipod. Anda bisa mengisi game-game yang sudah di crack, mengganti theme sesuka hati, mengupdate icon-icon dan tampilan yang ada pada ipod.

Untuk bisa menjailbreak, yang harus dipersiapkan adalah tool jailbreak. Untuk IOS 4.2.1 bisa menggunakan greenpoison RC5. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Buka aplikasi greenpoison
  2. Disitu akan tertampil beberapa step yang harus dilakukan. Sebelum dijalankan, alangkah baiknya jika ipod dimatikan terlebih dahulu.
  3. Setelah ipod mati, start aja deh. Siap2 melakukan sesuai petunjuk. Tekan tombol sleep, home, dan kombinasinya sesuai dengan apa yang diperintahkan pada greenpoison. Waktu pemencetan tombol juga sudah diatur pada timer tersebut. Jika berhasil, pada taskbar dipojok kanan bawah muncul tulisan ipod sedang dalam DFU mode.
  4. Jika sudah, maka pada aplikasi greenpoison, button jailbreak akan aktif. Silakan di klik tombol jailbreak tersebut.
  5. Tunggu sampai selesai proses jailbreaknya. Proses berhasil ditandai gambar tengkorak pada saat booting. Jika hal itu terjadi makaproses Jailbreak sudah selesai.
  6. Sesudah jailbreak, nyalakan wifi, sambungkan ipod Anda ke wifi dan cobalah browsing. Jika bisa lanjutkan dengan proses final yaitu instal cydia.
  7. Buka LOADER, didalamnya ada list cydia. Pilih aja ntar muncul instal.Tunggu sampai proses instal cydia berhasil. Biarkan ipod restart dan menyala lagi. Setelah sukses, maka proses selanjutnya adalah memasukkan repository
  8. Tambahkan repositori baru di Cydia dengan cara
  9. Buka Cydia, pilih Manage–> Source—> Edit –> Add- http://cydia.hackulo.us/ atau http://www.biteyourapple.com/repo/
  10. Cari app namanya AppSync for OS 4.0, tinggal di search aja di Cydia
  11. Restart iPod Touch.

Ok deh.. Akhirnya selesai juga Ipod Anda di jailbreak dan di upgrade OSnya. Jika Anda melakukan proses dengan benar, maka Anda tidak akan mengalami masalah dalam hal upgrade dan jailbreak.

Beberapa permasalahan yang muncul:

  1. Setelah mengikuti proses DFU, jailbreak gagal.. (solusi : Silakan di restore ulang)
  2. Ketika instal cydia, muncul volume penuh, hapus beberapa gambar atau music (solusi : hapus cydia dengan iphone explorer, kemudian instal kembali atau kalau ga punya iphone explorer, restore ulang)

 

26 thoughts on “Upgrade + Jailbreak IPOD 3rd-Gen dengan IOS 4.2.1

      1. pak
        ipod touch 3rd saya sudah IOS 4.2.1
        kalo mau jailbreak apa masih perlu donlod firmware?
        apa bisa kalo jailbreak hanya menggunakan GreenPois0n saja?

        1. kalau mau firmware 4.2.1 ya ga usah nyari firmware. Langsung cari jailbreak yang sesuai dengan IOSnya.
          Greenpoison adalah salah satu tool jailbreak. Yang penting sesuai dengan versi IOSnya

  1. Mo nanya ni mas, kalo skrg ipodnya msh pake os 3 tapi udah di jailbreak, nah kalo mo update ke os 4 apa harus dijailbreak lg? Step2nya sama aja? Thanks..

    1. Kalau mau upgrade ke IOS 4 harus dicek dulu compatibilitasnya. Kalo bisa, tinggal download terus step by stepnya, upgrade dulu firmwarenya. Terus di jailbreak. JB sesuaikan dengan IOSnya…

  2. mau tanya nih mas… ipod saya ipod 2gen 4.2.1 8Gb mc model.. setiap saya jailbreak pake gp5 .. pertama berhasil dapet file loader.. eh setiap mau instal cydia .. ko gagal ya?? giliran udah 60% error.. tulisannya .. memory anda tidak cukup hapus sebagian photo atau video.. padahal masih 5gb ,, dan udah pernah saya coba dng ipod keadaan kosong tanpa data…

    itu knp yah?

  3. Mau nanya ni. Ipod saya 2nd gen dengan firmware 4.2.1. Saya sudah berhasil jailbrake,tetapi selalu gagal install cydia. Selalu dikatakan bahwa disk full. Padahal setiap saya restore ga pernah saya isi data apapun. Tapi sudah beberapa kali di restore tetap begtu. Mohon penjelasannya mas.

  4. kenapa pas install cydia di loader gagal terus memory penuh katanya poto sama video harus dihapus,padahal baru direstore memory kosong semua gada poto sama video

  5. Mas, mau tanya. bisa gak kita update ios lebih tinggi dari recommended-nya itunes. misalnya gini saya punya ipod touch gen 3 ios yg otomatis akan diupdate apabila kita connect ipod ke itunes adalah ios 4.2.1 kalau saya mau iosnya menjadi 4.3 bisa gak ya? kalau bisa caranya gimana? trims mas.

  6. gan, sambung yang tadi. semua proses jailbreak dah selesai dan cydia udah tampak di menu. nah masalahnya sekarang, pas saya mau masukan gamenya via itunes, ternyata semua error.
    kira kira ada kesalahan dimana ya? trims

  7. mas kan pas saya lagi instal cydia nya blm 100% tiba tiba udah keluar sendiri terus udah ada icon cydia nya nah pas mau di buka tapi gak bisa terus pas saya mau instal lagi di loadernya malah error katanya cydianya udah di instal, jadi itu harus di gimanain mas? mohon bantuannya ,

  8. Mas, mau tanya. bisa gak kita update ios lebih tinggi ke 4.3. soalnya saya punya ipod touch gen 3rd ios 4.2.1 kalau saya mau iosnya menjadi 4.3 bisa gak ya? kalau bisa caranya gimana? trims mas.

  9. saya punya ipod touch 2gen 421 coba jailbreak dengan greenpois0n rc6, bisa ya? trus pas jailbreak dia memang selalu restore ya?, help help

  10. Saya punya ipod touch 3rd 8gb ios4 kira” bisa di upgrade smpe max ios berapa ya?? Klo manual bisa ndak ? Dan bagaimana caranya. Suwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *